Senin, 01 Maret 2010

Iman

Banyak orang berbicara mengenai "iman" tanpa menjelaskannya dengan rinci dengan didukung oleh contoh-contoh yang relevan akibatnya kata "iman" tersebut hanyalah sebuah kata yang tidak jelas dan tidak jarang juga penuh oleh pengertian yang sangat beragam. Tulisan kali ini berusaha mencoba menafsirkan dan menjelaskan kata "iman" dan berbagai hal berkaitan dengan "iman" yang seringkali digunakan orang, entah sadar ataupun tidak sadar, dalam konteks yang beragam.

1. Kepercayaan, Harapan, atau Keyakinan yang Didasarkan pada Hal-hal Tertentu

Beberapa pengertian :

* Memiliki keyakinan penuh yang didasarkan pada kepercayaan atau nilai tertentu, seperti pada seseorang, sebuah ide, ataupun suatu hal.
* Menaruh kepercayaan atau keyakinan pada seseorang atau benda atau sesuatu.
* Sesuatu yang dipercayai dengan didasarkan pada keyakinan yang sangat kuat.

Contoh :

* Saya yakin bahwa ayah akan menolong saya ketika saya berada dalam kesulitan.
* Saya percaya bahwa dia tidak berbohong.

2. Kepercayaan atau Keyakinan yang Tidak atau Didukung Sedikit bukti.

Beberapa pengertian :

* Kepercayaan atau keyakinan yang tidak didasarkan pada bukti-bukti logis atau berbagai bukti fisik.
* Kepercayaan atau keyakinan yang tidak didasarkan pada bukti.

Contoh :

* Seseorang yang mempercayai adanya sesuatu dengan hanya mendasarkannya pada iman. Artinya, orang tersebut hanya mendasarkan kepercayaannya tersebut pada keyakinan yang hanya didukung oleh kata "iman".

3. Suatu Kumpulan atau Susunan Berbagai Prinsip, Nilai, atau Kepercayaan yang Berkaitan dengan Agama

Beberapa pengertian :

* Kumpulan ajaran atau dogma sebuah agama.
* Suatu sistem kepercayaan sebuah agama.

Beberapa sinonim :

* Semua teman dekat saya memiliki iman yang sama. Artinya, semua teman dekat saya memeluk agama yang sama (misalnya: Kristen).
* Orang itu kehilangan kepercayaannya terhadap Allah, tetapi tidak kehilangan moralitasnya. Artinya, orang itu tidak percaya lagi akan keberadaan Allah, tetapi tetap memiliki moralitas yang tinggi.

4. Suatu Institusi/Organisasi/Kelompok Tertentu

Pengertian :

* Sebuah kelompok yang memeluk suatu sistem kepercayaan yang sama.
* Tidak mau disebut atau disamakan dengan agama tertentu atau kelompok-kelompok keagamaan lainnya. Biasanya kelompok-kelompok tersebut tidak mau menggunakan kata "agama" dalam organisasi mereka.

Sinonim :

* Kekristenan memiliki beragam kelompok/aliran/tradisi yang saling berbeda, seperti: Katolik, Protestan, Metodis, Kharismatik, Baptis, Adventis, Mormonisme, Saksi Yehovah, Bala Keselamatan, Pentakosta, Ortodoks Yunani, dan Ortodoks Siria.

5. Ketaatan dan Loyalitas

Beberapa pengertian :

* Sebuah iman, kepercayaan, atau keyakinan melahirkan ketaatan dan tunduk pada otoritas tertentu, seperti: orang, kitab suci, tradisi, dan janji/sumpah.
* Adanya komitmen, kesetiaan, dedikasi (penyerahan diri), pembaktian diri, dan ketaatan penuh pada otoritas tertentu.

Contoh :

* Harus selalu taat! Tidak boleh ingkar janji!

6. Hanya Sebuah Kata yang Pada Dirinya Sendiri Tidak Memiliki Arti

* Tidak ada pengertian yang pasti, bahkan tidak ada upaya untuk menjelaskan kata "iman" tersebut. Akibatnya, kata "iman" tidak memiliki pengertian yang jelas sehingga digunakan secara sembarang dalam konteks yang beragam. Oleh karena itu, seringkali didengar pernyataan seperti: "iman sangat penting dalam kehidupan saya, agama saya, tuhan saya, dan kitab suci saya" atau "pokoknya iman sangat penting untuk keselamatan saya dan tidak peduli apapun yang terjadi saya akan tetap mempertahankan iman saya".

_________________

* Pengertian dan penggunaan kata "iman" di nomor berapakah yang seringkali orang gunakan?


* Apakah ada pengertian atau penggunaan kata "iman" atau segala hal yang berkaitan dengan iman yang terlewatkan oleh saya? Jika ya, tolong anda tambahkan dengan memberikan tanggapan
.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tidak setuju dengan pandangan saya? Silahkan mendebatnya.