Kamis, 04 Maret 2010

Berdebat secara Bijak

Dalam suatu perdebatan ataupun diskusi, hendaklah masing-masing pihak tidak hanya mengambil sedikit-sedikit argumen yang dikemukakan masing-masing pihak. Tidak juga hanya mengambil beberapa pandangan yang dianggap lemah yang kemudian digunakan untuk menyerang lawan atau partner debat/diskusi. Namun, masing-masing pihak berupaya memahami seluruh argumen atau pandangan partner debat/diskusinya. Dan selalu berupaya memahami argumen masing-masing sedalam dan secermat mungkin demi memperoleh informasi yang jelas mengenai topik yang sedang diperdebatkan atau didiskusikan.

Upayakan untuk selalu mengkoreksi setiap argumen lawan atau partner debat/diskusi yang dianggap lemah, tidak relevan, tidak jelas (kabur/samar-samar), tidak logis, dan tidak masuk akal. Kemudian, berilah argumen yang lebih baik; relevan, jelas, logis, dan masuk akal. Senantiasalah awasi emosi sekaligus argumen sendiri. Dalam berdebat atau berdiskusi hendaklah tidak mencari-cari kelemahan lawan atau partner debat/diskusi untuk menunjukkan kehebatan diri melainkan bersama-sama mencari kesimpulan dan/atau solusi yang relevan, jelas, logis, dan masuk akal.

Hal yang juga selalu perlu diperhatikan dan diingat bahwa tujuan/sasaran debat atau diskusi bukanlah mencari pemenang atau siapa yang lebih kuat atau hebat melainkan bersama-sama mencari kebenaran yang didasarkan pada logika dan akal sehat manusia. Jadikanlah "lawan" debat atau diskusi sebagai rekan atau partner dalam upaya bersama menemukan kebenaran dan solusi yang relevan serta cermat. Partner debat/diskusi bukanlah lawan yang harus ditaklukkan, tetapi pasangan dalam bertukar dan berolah pikiran. Jadikanlah debat atau diskusi sebagai ajang mengasah dan mempertajam kemampuan menggunakan logika dan akal sehat yang dilandasi oleh semangat kritis yang dilakukan tanpa kenal lelah.

4 komentar:

  1. Trims untuk tulisannya, bahan bagus nih, boleh gw posting ke email yah untuk teman2, itu kalau boleh..

    RF

    BalasHapus
  2. ndi gw udah posting ke blog Efraim, biar teman2 yang lain juga baca, kalau elu mau cek silahkan kunjungi

    http://efraim-vg.blogspot.com

    thanks untuk tulisannya, kalau di ijinkan beberapa tulisan elu gw akan postingkan ke blog Efraim, thanks be4 and Gbu bro...

    RF

    BalasHapus
  3. So pasti segera gua cek Roy...

    Mangga Roy...kalo lu mo "ambil" tulisan gua lebih banyak lagi. Tentu gua merasa sangat terhormat! Bahkan kalo lu mo bagikan ke teman2 di Zebaoth or saudara or teman2 di kantor mangga pisan loh Roy...

    BalasHapus

Tidak setuju dengan pandangan saya? Silahkan mendebatnya.