Sabtu, 22 Mei 2010

Tidak Perlu Cenayang


BBC News edisi Jumat, 21 Mei 2010 menurunkan berita menarik mengenai seorang cenayang yang berkedudukan di Banglore, India, karena mengklaim telah “menemukan” seekor kucing yang hilang di Lincolnshire, Inggris. Berita tersebut bertajuk “Psychic joins search for missing cat in Lincolnshire” dan berikut adalah beritanya.
“An Indian psychic is helping to search for cat which went missing from a Lincolnshire village.”

Oliver, a four-year-old tabby and white cat, went missing from Boothby Graffoe in October. Owner Sue Machen, 56, has paid £1,000 for Hertfordshire-based company Animal Search UK to hunt for the animal. It has employed psychic Sarita Gupta, who is based in Bangalore, to help in the search, a move which has been criticised by a sceptics' society. Ms Gupta believes the cat has been adopted as a stray by a new family, who do not know he has an owner.

Ms Machen said: "The expense [for the search] is immaterial. "I am just desperate to know what has happened to him. I am hoping he has wandered off and been picked up by someone."

Tom Watkins, who is leading the search, said: "We have had some good publicity and we are building up a picture of where Oliver might be. "We are hoping the psychic is right and we will receive a call about where Oliver is. "That would be mission accomplished if we can achieve that." The team said a missing cat in Birmingham had been found in a Wendy house after the same psychic said it would turn up "where children play".

A spokesman for the Merseyside Skeptics Society said: "Looking at the advice given by the psychic in both cases, we have the suggestion that the cat is staying with another family, and the idea that lost cats like to be near children. "Both of these are incredibly obvious scenarios to suggest for a missing cat, and would likely be the suggestions you'd get from someone without psychic powers - and without the need for a fee, too."

===========


Berita di atas segera menarik perhatian saya karena seorang cenayang yang berdomisili di Banglore, India, mengklaim mampu menginformasikan keberadaan kucing yang dilaporkan hilang oleh majikannya walaupun kucing tersebut berada di Lincolnshire, Inggris. Ternyata jarak ribuan mil yang memisahkan antara Inggris dan India serta perbedaan waktu di antara kedua negara tersebut sama sekali tidak menjadi penghalang bagi seorang cenayang untuk menemukan kucing yang hilang itu. Pertanyaan yang mengemuka terhadap berita tersebut adalah: mengapa lebih memilih bantuan seseorang yang memiliki "gelar" cenayang daripada orang atau kelompok yang berfokus pada pencarian binatang atau pecinta binatang? Kalaupun tetap (harus) menggunakan cenayang, mengapa menggunakan bantuan cenayang yang berada di Banglore, India, bukannya cenayang yang ada di Lincolnshire, Inggris, atau bahkan di sekitar kota tersebut? Apakah tidak ada cenayang yang berdomisili di Lincolnshire?

Namun, "hasil penerawangan" cenayang tersebut bukanlah sesuatu yang "istimewa" karena ia hanya menjelaskan mengenai sesuatu yang sangat umum. Artinya, cenayang tersebut tidak memberikan keterangan yang lebih spesifik mengenai keberadaan kucing yang hilang itu. Ia hanya mengatakan jika kucing tersebut telah ditemukan dan dibawa oleh orang lain. Ini merupakan keterangan yang sangat sederhana dan bersifat sangat masuk akal karena memang mungkin saja kucing tersebut telah ditemukan dan dibawa oleh orang lain. Atau bahkan mungkin kucing tersebut sudah mati akibat tertabrak oleh kendaraan bermotor. Oleh karena itu, untuk menyatakan hal-hal yang sangat sederhana, umum, dan masuk akal tidak dibutuhkan seseorang yang "berstatus" cenayang karena hal-hal tersebut bisa dilakukan oleh setiap orang yang mampu menggunakan akal sehatnya.

Sangat disayangkan, pemilik kucing tersebut tidak menggunakan akal sehatnya karena lebih memilih dan mempercayai akal sehat seorang cenayang. Ia pun rela mengeluarkan uang yang sangat banyak (1000 pounds) hanya untuk membayar keterangan yang sangat umum dan sederhana dari cenayang tersebut. Dalam kasus ini, jelas, pihak yang telah menggunakan akal sehatnya adalah cenayang itu karena mampu memberikan keterangan yang sangat sederhana dan umum. Ia juga telah menggunakan "akal sehat"-nya karena mampu memperoleh bayaran yang sangat tinggi hanya untuk "menemukan" seekor kucing yang telah hilang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tidak setuju dengan pandangan saya? Silahkan mendebatnya.