Senin, 03 Mei 2010

Hanya Satu Foto?

Di bawah ini adalah berita yang dari Kompas.com edisi Minggu, 2 Mei 2010 dengan berjudul “Wow! Piton Mati Diangkat Pake Ekskavator”.

JAKARTA, Kompas.com - Foto seekor ular jenis Piton (Phyton reticulatus) dalam kondisi mati dan diangkat menggunakan ekskavator, membuat heboh pengguna Facebook dan menjadi pembicaraan di milis-milis pekerja di Kalimantan Timur. Hanya saja, belum bisa dipastikan kebenaran kabar ini.

Menurut pengakuan seorang yang mem-posting foto ular raksasa ini di Facebook, foto ini dia dapatkan dari seorang rekannya yang bekerja di perusahaan kontraktor tambang. "Lokasinya di Tanah Hulu, dekat Kotabangun, Kutai Kartanegara. Foto ini sudah menyebar di milis karyawan perusahaan penyewaan alat berat itu. Saya hanya diberitahu seperti itu. Soal benar atau tidaknya, saya juga tak bisa memastikan," ujar Mardiono, warga Balikpapan yang mem-posting foto ular piton raksasa ini (penekanan ditambahkan).

Hutan pedalaman Kalimantan ditengarai masih dihuni ular raksasa yang panjang panjangnya bisa mencapai belasan meter. Phyton hidupnya tersebar dari Afrika sampai ke Asia Tenggara. Dari semua jenis piton, yang terpanjang adalah Phyton reticulatus yang ditemukan di semenanjung Asia tenggara sampai ke Sulawesi. Ular jenis reticulatus ini dikenal sebagai sanca kembang, sanca batik, atau ular sawah. Panjangnya bisa mencapai belasan meter. Phyton burma dan Phyton bola (Ball Phyton) ukurannya tidak sepanjang reticulatus yang banyak terdapat di hutan alam Indonesia.

=============

Seseorang yang memasukkan foto tersebut tidak atau belum bisa memastikan bahwa itu merupakan foto ular piton raksasa, namun Kompas.com sudah memastikan bahwa itu merupakan foto ular piton raksasa. Masalahnya, foto yang ditampilkan sama sekali tidak jelas karena terlihat dari jarak yang agak jauh. Jadi, bisa saja bentuk yang dianggap ular piton raksasa itu tidak lain dari batang pohon yang sangat besar karena kita mengetahui bahwa Kalimantan dipenuhi oleh pepohonan yang besar.


Jika di Kalimantan banyak hidup ular piton raksasa yang panjangnya sampai belasan meter seperti selama ini digembar-gemborkan orang, mengapa belum ditemukan satu pun bangkai ular dengan ukuran seperti itu? Apalagi jika dikatakan bahwa ular piton tersebut berukur sangat besar bahkan sampai belasan meter, namun mengapa tidak ada satu pun laporan yang dibuktikan/didukung oleh banyak foto mengenai ular dengan ukuran tersebut? Seperti halnya foto di berita Kompas.com tersebut, mengapa hanya ada satu foto. Tentu orang akan berulangkali mengabadikan momen “luar biasa” tersebut. Terlebih, bukan merupakan hal yang sulit menemukan ular sebesar itu karena ukurannya yang begitu besar karena orang akan dengan mudah melihatnya.


Sampai ditemukannya berbagai bukti yang jelas dan relevan mengenai keberadaan ular piton raksasa di Kalimantan, maka sikap saya terhadap hal tersebut adalah tetap skeptis. Saya tidak akan terburu-buru memastikan dan menyimpulkan bahwa ada ular piton raksasa berukuran belasan meter hidup di Kalimantan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tidak setuju dengan pandangan saya? Silahkan mendebatnya.