Rabu, 30 Juni 2010

"Kepercayaan" & Pajak

Ternyata para selebriti memang pandai menggunakan popularitasnya untuk "membuat" berita. Hal inilah yang dilakukan oleh Rob Pattinson, salah seorang bintang Hollywood yang sedang naik daun setelah berperan sebagai vampire ganteng dalam film layar lebar, Dawn. Dikabarkan, selain memiliki banyak ambisi, bintang yang tengah digandrungi remaja putri sedunia ini, pun ingin "menciptakan prinsip dan keyakinannya sendiri." Pernyataan ini, bagi saya, cukup janggal karena bukankah sebagai laki-laki dewasa ia sudah memiliki prinsip dan keyakinannya sendiri. Artinya, sebagai manusia dewasa ia dengan sadar telah memilih dan memutuskan untuk memiliki nilai-nilai yang diyakininya, dan dengan nilai-nilai yang dianggap sebagai keyakinannya tersebut ia berpikir dan menjalani hidupnya. Jika pernyataan ini baru dilontarkan oleh bintang film tersebut, apakah ini artinya selama ini ia tidak menjalani hidupnya seturut dengan prinsip-prinsip dan keyakinannya sendiri? Jika ya, maka yang menjadi pertanyaan ialah: prinsip-prinsip dan keyakinan siapa yang selama ini dianutnya? Orangtua? Teman? Penggemar? Sutradara? Atau jangan-jangan selama ini Rob Pattinson belum mempunyai prinsip dan keyakinannya sendiri!

Kejanggalan kedua yang ditemukan dari pernyataan Rob adalah bahwa keinginannya menciptakan keyakinan sendiri supaya bisa membentuk organisasi untuk keyakinannya tersebut sehingga pajak yang selama ini dibebankan padanya bisa dialihkan pada organisasi tersebut. Apakah dengan pernyataannya ini berarti ia hendak menghindari atau setidaknya meminimalisasi beban pajak yang dikenakan pada dirinya sebagai artis? Apakah ini bisa dikatakan jika ia hendak menabung demi masa depannya atau memang pelit? Sesungguhnya mudah saja, jika ia tidak mau lagi dikenai pajak yang besar jangan jadi artis lagi. Artinya, ia pensiun dari pekerjaan sebagai pemain film dengan menolak semua tawaran main film sehingga statusnya sebagai bintang Hollywood akan berubah menjadi "masyarakat biasa."


Ternyata keinginan seorang bintang Hollywood yang sedang naik daun untuk menciptakan prinsip dan keyakinannya sendiri ujung-ujungnya juga berkaitan dengan uang. Ternyata seorang artis terkenal hendak menciptakan keyakinannya sendiri hanya demi suatu saat bisa memiliki sebuah organisasi yang mewadahi keyakinannya itu sehingga tidak perlu repot bayar pajak. Repot karena urusan pajak? Seorang artis terkenal pasti memiliki banyak pembantu atau sekretaris, bahkan penasihat hukum yang akan dengan cekatan membantunya dalam semua urusan yang berkaitan dengan uang atau pajak. Jika tidak mau repot lagi dengan urusan pajak, ya berhenti jadi artis aja, gitu aja koq repot seeeh?!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tidak setuju dengan pandangan saya? Silahkan mendebatnya.