Sabtu, 26 Juni 2010

Dibuat oleh Apa atau Siapa?

Fenomena crop circle kembali ditemukan di lahan kosong dekat sebuah kampus di Skotlandia. Kali ini crop circle yang dibuat membentuk sebuah logo (dengan lebar 30 kaki) kampus tersebut dan diyakini pembuatannya hanya memakan waktu semalam. Beberapa pakar pertanian yang ditanyai pendapatnya mengenai fenomena itu sulit menjelaskan bagaimana hal itu bisa dilakukan tanpa sepengetahuan siapapun. Sementara itu, seorang pengajar pertanian di kampus yang logonya dibuat sebagai crop circle menyatakan kekagumannya karena crop circle itu dibuat begitu indah dengan bentuk lingkaran yang sempurna. Awalnya ia menduga jika hal tersebut dilakukan oleh beberapa mahasiswa yang iseng, namun hal tersebut janggal karena tidak sedikit pun terdengar kabar atau gosip mengenai hal tersebut di tengah kehidupan kampus yang dipenuhi oleh mahasiswa. Ia pun hanya mendengar beberapa laporan mengenai adanya cahaya pada suatu malam di lahan di mana crop circle itu berada. Namun, ia tetap merasa takjub karena crop circle tersebut bisa dibuat di tengah kegelapan malam hanya dengan bermodalkan cahaya obor dan menghasilkan bentuk logo kampus yang akurat.

Apakah sebenarnya yang telah terjadi? Siapa atau apakah yang telah membuat crop circle itu? Apakah dibuat oleh aliens seperti yang biasa diklaim dan mungkin juga akan diduga oleh banyak orang, atau crop circle itu dibuat oleh manusia? Ataukah cuaca tertentu bisa mengakibatkan crop circle tersebut? Jika ya, apakah memang crop circle tersebut dibuat hanya dalam semalam dan pembuatannya tidak diketahui atau didengar oleh seorang pun juga? Bagaimana menjawab semua pertanyaan itu?

Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas kita kembali membutuhkan Pisau Ockham untuk memotong dan memisahkan hal-hal penting dan tidak penting yang ditemukan dari berita tersebut. Mungkin banyak orang akan menduga jika crop circle tersebut dibuat oleh aliens. Jika demikian kenyataannya, maka mereka yang berpandangan seperti itu harus bisa memberikan berbagai bukti fisik yang relevan untuk pertama-tama membuktikan jika UFO dan aliens memang ada. Mungkin orang akan mengatakan bahwa tidak mungkin jika crop circle tersebut dibuat oleh manusia karena ukuran yang sangat besar dan bentuknya yang persis sama dengan logo kampus yang dijadikan bentuk dan gambar crop circle tersebut. Oleh karena itu, aliens-lah yang telah membuat crop circle itu. Oke, anggaplah crop circle itu dibuat oleh aliens. Namun mengapa:

1. Tanaman, pohon, atau habitat di sekitar crop circle itu tidak rusak atau berubah bentuk (gosong atau kering) akibat radiasi pesawat luar angkasa yang ditumpangi aliens itu?
2. tidak ada bekas atau jejak pesawat luar angkasa yang mendarat di sekitar crop circle itu?
3. tidak ditemukan tanah atau rumput atau dedaunan yang kering atau terbakar akibat alat yang digunakan oleh aliens ketika membuat crop circle itu?

Jika ketiga pertanyaan di atas tidak bisa memberikan jawaban, maka keberadaan UFO dan aliens sangatlah diragukan. Dengan demikian, dugaaan jika crop circle telah dibuat oleh aliens terbantahkan karena sama sekali tidak ditopang oleh berbagai bukti fisik relevan.

Alternatif jawaban kedua yang mungkin akan dikemukakan orang adalah bahwa crop circle tersebut terbentuk akibat cuaca tertentu, misalnya: angin. Perlu disadari bahwa hembusan angin dalam kekuatan tertentu mampu memberikan dampak signifikan terhadap habitat di sekitarnya , seperti: badai, twister, dan puting peliung. Sepintas, jawaban jika cuaca tertentu bisa mengakibatkan terbentuknya crop circle lebih masuk akal dibandingkan aliens. Namun, jawaban ini pun memiliki kejanggalannya sendiri, setidaknya menimbulkan beberapa pertanyaan yang harus dijelaskan, seperti:

1. Apakah tanaman atau pohon bahkan habitat lain yang berada di sekitar crop circle tersebut mengalami perubahan, seperti rusak atau tumbang? Melihat ukuran crop circle yang cukup besar (30 kaki), maka sangat kecil kemungkinannya jika habitat di sekitarnya tidak mengalami kerusakan atau setidaknya mengalami perubahan sedikit pun akibat angin yang bertiup sangat kencang. 

2. Mengapa di sekitar crop circle tidak ditemukan kotoran atau bekas tanaman gandum dan apakah ini artinya potongan tanaman gandum bekas bentukan crop circle telah lenyap disapu oleh angin yang bertiup begitu kencangnya? Jawaban untuk pertanyaan ini adalah: sangat kecil kemungkinannya. Artinya, sekalipun angin telah menyapu dan menerbangkan potongan tanaman gandum bekas pembentukan crop circle tersebut, maka setidaknya bisa ditemukan sedikit kotoran atau sisa-sisa tanaman gandum yang tidak tertiup oleh angin. Namun kenyataannya (setidaknya yang terlihat dari gambar) wilayah di sekitar crop circle itu bersih dari kotoran ataupun sisa-sisa tanaman gandum (angin telah membersihkan wilayah itu). 

3. Melihat bentuk crop circle yang mengambil gambar logo sebuah kampus di dekatnya, apakah angin memiliki "pikirannya" sendiri sehingga dengan sengaja telah membuat crop circle tersebut sesuai dengan logo kampus yang berada di dekatnya? Apalagi crop circle tersebut terbentuk dengan akurasi yang tinggi. Apakah bisa hal tersebut dilakukan oleh cuaca? Kalaupun ya, maka itu merupakan suatu kebetulan yang sangat jarang terjadi. Dan artinya, cuaca tersebut memiliki "pikirannya" sendiri karena telah dengan sengaja memilih logo sebuah kampus dan membentuknya di ladang gandum.

Hal menarik bagi banyak orang mengenai keberadaan crop circle tersebut adalah bahwa pembuatannya diyakini dalam waktu satu malam walaupun hal ini tidak didukung oleh bukti-bukti relevan selain pernyataan: "tidak ada yang melihat apa yang terjadi pada malam hari dan tiba-tiba keesokan harinya sudah ada." Apakah ini bisa dijadikan sebagai bukti bahwa crop circle terjadi hanya dalam satu malam? Bisa ya, bisa juga tidak. Ada dua kemungkinan. Melihat ukuran dan bentuknya yang tidak rumit, maka bisa saja crop circle itu dibuat hanya dalam satu malam. Namun, siapa atau apa sesungguhnya yang telah membuat crop circle tersebut?

Memang tidak ada seorang atau kelompok pun yang mengaku telah membuat crop circle tersebut dan dua (aliens dan cuaca) alternatif jawaban yang telah dikemukakan di atas pun telah terbantahkan dengan mengajukan beberapa pertanyaan yang sudah nyaris bisa diperoleh secara pasti jawabannya. Oleh karena itu, setidaknya, ada dua jawaban bisa diajukan untuk menjawab: siapa atau apa yang telah membuat crop circle tersebut? Entah, orang-orang di sekitar crop circle tersebut yang bungkam dengan berpura-pura tidak tahu atau bahkan sama sekali tidak pernah apa yang terjadi pada (beberapa) hari atau malam (-malam) ketika crop circle itu dibuat (pembuatannya dirahasiakan), atau, pembuatan crop circle tersebut memang tidak diketahui oleh banyak orang. Jika pembuatan crop circle itu sebenarnya diketahui beberapa atau banyak orang, namun mengapa orang-orang itu merahasiakannya (baca: berbohong) dengan mengatakan tidak tahu apa-apa? Bisa jadi hal itu dilakukan demi menghasilkan efek cerita dan pemberitaan yang misterius sehingga banyak orang tertarik dan bertanya-tanya mengenai hal tersebut. Apakah hal ini dilakuan untuk publisitas dan uang? Hal itu bisa saja terjadi, tetapi saya kurang tahu karena harus diteliti lebih lanjut.

Hal pasti yang dapat diperoleh melalui pemberitaan mengenai crop circle yang ada di Skotlandia itu adalah bahwa orang jangan mudah mempercayai pernyataan ataupun kesaksian orang, terlebih jika pernyataan dan kesaksiannya tidak didukung oleh bukti-bukti fisik relevan dengan ditopang oleh argumen yang masuk akal. Pengajar pertanian di kampus itu telah menyatakan bahwa ada beberapa laporan mengenai cahaya pada suatu malam yang berasal dari tempat di mana crop circle itu berada. Mungkin itulah petunjuk dan bukti yang paling masuk akal walaupun sangat minim, di antara ketiadaan bukti lain, selain keberadaan crop circle itu sendiri. Artinya, orang harus berupaya mengumpulkan segala bukti relevan yang ada (walaupun sangat minim) dan dari sana berusaha menggunakan akal sehatnya dengan menarik kesimpulan yang masuk akal.

Dengan begitu, terhadap fenomena crop circle yang ada di Skotlandia kita dapat mengatakan: 
1. Sangat mungkin dibuat oleh manusia, entah dilakukan oleh seorang atau beberapa orang (kelompok); 
2. mungkin dibuat hanya dalam satu malam karena mengacu pada ukuran dan bentuk crop circle yang tidak rumit. Kalaupun dibuat lebih dari satu malam, maka hal itu semakin bisa diterima oleh akal sehat;
3. mungkin saja pembuatannya tidak diketahui oleh banyak orang, yang artinya sebagai bentuk dari ketidaksengajaan, dan bukannya pura-pura tidak tahu (sengaja merahasiakan).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tidak setuju dengan pandangan saya? Silahkan mendebatnya.