Jumat, 18 Juni 2010

Santet?

Sosok selebriti Indonesia yang belakangan begitu tenar akibat diduga adegan mesumnya dengan beberapa perempuan beredar luas dikabarkan terkena santet. Berita tersebut disampaikan sendiri oleh kakak kandung Ariel. Dan menurut pengakuan kakak kandung Ariel, beberapa hari lalu ia memperoleh kabar bahwa Ariel terkena santet dari teman Ariel. Lebih jauh diberitakan bahwa akibat santet dari perut Ariel keluar keris, batu, dan lain sebagainya. Apakah yang "lain sebagainya" itu? Apakah benda-benda, seperti: keris dan batu bisa keluar dari tubuh manusia yang masih hidup? Bagaimana cara memasukkannya? Apakah itu yang dinamakan dengan "santet"? Belum lagi ditambah dengan benda-benda lainnya. Jangan-jangan sepatu dan laptop juga bisa keluar dari tubuh seseorang yang masih hidup.

Tidak jarang masyarakat Indonesia yang mempercayai adanya santet, yakni ketika ada orang tertentu yang ingin menyakiti atau mencelakakan orang yang tidak disukainya dengan cara pergi ke dukun. Kemudian si dukun akan mengirimkan "jampi-jampi" sehingga di dalam tubuh orang yang disantet - konon - bisa masuk benda-benda, seperti: batu, cincin, bahkan binatang. Benda-benda itu dimasukkan dari tempat berbeda alias si dukun tidak berada di hadapan orang yang disantet dengan menggunakan kekuatan supernatural. Artinya, benda-benda tersebut bisa berada dalam tubuh orang yang disantet tanpa melalui kontak fisik dengan si dukun. Artinya, terjadi secara tidak normal (disebut paranormal). Apakah hal tersebut (santet) memang bisa terjadi?

Sejauh ini "santet" hanya dikatakan dan dipercaya oleh orang-orang yang memang sudah terlebih dahulu berasumsi bahwa hal supernatural dan paranormal seperti itu benar adanya. Saya sendiri pernah mengikuti dua kali "ritual" yang katanya dialami seseorang yang menjadi korban santet (mengeluarkan sesuatu dari tubuh seseorang yang masih hidup), namun saya tidak melihat ada sesuatu yang keluar dari tubuh orang itu. "Penglihatan" saya ini juga dialami oleh beberapa orang lain pada peristiwa itu, namun "penglihatan" yang berbeda dialami oleh orang-orang lain di saat yang bersamaan. Artinya, saya dan beberapa orang lain tidak melihat ada satu benda pun yang keluar dari tubuh seseorang yang terkena santet, tetapi pada saat yang bersamaan beberapa orang lain melihat ada benda yang keluar dari orang yang sama. Jika demikian yang terjadi, "penglihatan" siapakah yang benar?

Seperti telah diketahui penglihatan, pengalaman, dan memori manusia tidak bisa dijadikan ukuran untuk menilai kebenaran suatu hal, apalagi jika sesuatu itu bernuansa supernatural dan paranormal. Dan setiap orang memiliki asumsi terhadap banyak hal yang ada di sekitarnya. Jika dapat disepakati bahwa setiap orang memiliki asumsi dan bias terhadap banyak hal, maka apa ukuran dan bagaimana menilai kebenaran suatu hal? Sains (ilmu pengetahuan) dan akal sehat seseorang adalah dua ukuran yang bisa digunakan untuk menilai banyak hal, khususnya hal-hal yang berkaitan dengan supernatural dan paranormal. Harus selalu diingat bahwa sains tidak atau belum bisa menjawab semua hal yang terjadi di alam semesta ini, namun sains dan akal sehat seseorang bisa memberikan rambu-rambu yang dapat menuntun manusia memahami banyak hal di sekitarnya dengan jernih dan jelas.

Kembali pada "kasus" santet dan "penglihatan" mana/siapa yang benar, maka jika kedua hal tersebut hendak dinilai sudah sepatutnya peristiwa tersebut ditempatkan di bawah teropong sains dan akal sehat. Jika peristiwa tersebut diteropong menggunakan sains dan akal sehat maka dapat dijelaskan mengapa ada pihak yang "melihat" dan "tidak melihat." Apakah dengan demikian dapat dinyatakan bahwa pihak yang "melihat" dapat menyatakan hal tersebut karena sebelumnya sudah terlebih dulu mempercayai hal tersebut meski peristiwa itu sendiri belum terjadi? Bagaimana dengan pihak yang "tidak melihat"? Bukankah pendapat mereka juga perlu didengarkan? Namun mengapa selama ini hanya suara mereka yang "melihat"-lah yang diperhatikan, bahkan disebarluaskan? Hal ini malah semakin menimbulkan kecurigaan bahwa ada latar belakang tertentu yang membuat banyak orang mempercayai hal-hal yang bernuansa supernatural dan paranormal seperti santet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tidak setuju dengan pandangan saya? Silahkan mendebatnya.