Kamis, 29 April 2010

Tatto Malaikat Pelindung

Berikut adalah berita yang saya baca dalam KOMPAS.com (Rabu, 28 April 2010) dengan tajuk “Batal Mati, Diselamatkan Tatto Malaikat”.


Fisher Lukas, remaja usia 18, asal Droitwich, Worcestershire ini nyaris mati dalam kecelakaan mobil yang mengerikan. Mobil yang dikendarai dalam kecepatan tinggi menghantam pohon, tubuh remaja ini pun terlempar dan kepalanya membentur benda keras dengan hebat.


Menurut perhitungan dokter, nyawanya tidak bisa diselamatkan. Dia mengalami patah leher di tiga tempat. "Lehernya patah tiga tepat, kalau sembuh kemungkinan dia akan lumpuh. Namun, dia berhasil mengatasi krisis," kata dokter yang merawat. Boleh percaya boleh tidak. Empat hari setelah dirawat, Lukas, diizinkan dokter meninggalkan RS Universitas Conventri.


Lukas mengaku mengalami mujizat karena nyawanya diselamatkan oleh tatto malaikat pelindung, yang dilukiskan dibadannya dua hari (48 jam) sebelum kecelakaan. Tatto malaikat pelindung dengan kata-kata Hanya yang kuat mampu bertahan. Tatto ini menyapu samping dari dada hingga punggung ke bawah. Lukas, yang harus menggunakan penyangga leher dan kepala ini membutuhkan waktu tiga bulan dan fisioterapi selama 18 bulan. "Aku tidak lumpuh. Aku telah diselamatkan malaikatku. Setelah sembuh aku akan bergabung dengan angkatan darat," katanya.


Menurut Lukas, tatto miliknya diciptakan oleh rumah tatto God of Ink, di Worcestershire, selama 16 jam.

Gambar tatto yang dibuat seniman tatto Nick Fletcher ini dimulai pada kaki kanan dan badan lalu salah satu sayap malaikat di dada, dan yang lain berada di punggung. Jadi seolah-olah gambar malaikat tersebut sedang memeluknya. Tatto Lukas ini akhirnya menginspirasi remaja lain, agar dengan membuat gambar tatto tersebut, dia juga akan memperoleh keberuntungan seperti yang dialami Lukas.


===============

Tidak jarang orang mengaitkan berbagai hal yang, baik terjadi maupun tidak terjadi dalam kehidupannya, dengan tanda-tanda khusus yang melekat di tubuhnya atau yang merupakan cirri dirinya, seperti: zodiak (waktu dan tempat lahir), shio, hongshui, fengshui, agama, ideologi tertentu, bahkan contoh terkini adalah tatto.


Dalam kisah di atas diungkapkan bahwa Lukas, pemilik tatto, percaya bahwa ia selamat karena telah dilindungi oleh tatto malaikat yang nyaris menutupi sekujur tubuhnya. Ia sangat mempercayai bahwa tatto malaikat itu telah memberikan keberuntungan bagi dirinya sehingga ia selamat. Tatto tersebut bahkan telah menginspirasikan banyak remaja untuk membuat tatto malaikat pada tubuh mereka sehingga selamat seperti Lukas.


Saya pun terinspirasi setelah membaca berita di atas dengan mengajukan beberapa pertanyaan:

  1. Apa hubungan antara tatto malaikat dan keselamatan/keberuntungan orang yang memilikinya?
  2. Bagaimana dengan “nasib” orang-orang yang memiliki tatto iblis/setan di tubuhnya? Tentu mereka akan mengalami “sial” atau bahkan kematian, bukan?
  3. Bagaimana cara tatto malaikat menyelamatkan orang yang memiliki tatto tersebut?
  4. Mengapa orang sangat mudah mengaitkan berbagai peristiwa yang terjadi dalam hidupnya dengan hal-hal yang melekat pada dirinya?


Banyak orang tidak menyadari bahwa beberapa peristiwa yang terjadi dalam kehidupan mereka terjadi karena suatu kebetulan. Namun tentu, pandangan seperti ini segera ditolak oleh mereka yang berkeyakinan bahwa semua peristiwa yang terjadi dalam kehidupan mereka tidak terjadi secara kebetulan melainkan disebabkan oleh suatu hal. Hal-hal inilah dinamakan dengan supranatural. Artinya, suatu peristiwa terjadi disebabkan oleh suatu hal yang berada di luar kekuasaannya, seperti benda tertentu, kepercayaan, ideologi (agama), dan kekuatan tertentu (energi atau tuhan).


Seperti kisah di atas, banyak orang percaya bahwa tatto malaikat yang dimiliki Lukas telah menyelamatkannya dari kematian. Memang merupakan sifat dasar setiap orang berupaya mencari penjelasan atas semua hal yang terjadi dalam hidupnya. Akibatnya, banyak orang cenderung memberikan penjelasan yang sangat sederhana dan dangkal terhadap setiap peristiwa dalam hidupnya. Ada adagium: “Untuk setiap penjelasan yang sangat sederhana dan singkat terhadap hal yang rumit, maka penjelasan itu salah”.


Kembali pada tatto malaikat tadi, apakah peristiwa yang dialami Lukas merupakan hal yang rumit dijelaskan? Sama sekali tidak. Lukas selamat dari kecelakaan, titik. Dia tidak selamat karena diselamatkan oleh tatto malaikat yang melekat pada tubuhnya. Banyak orang yang selamat dari kecelakaan atau sembuh dari penyakit akut setelah divonis mati oleh dokter, namun tidak memiliki tatto malaikat di tubuhnya. Mereka selamat dan sembuh bukan karena doa orang lain atau doa dirinya, tuhan, atau karena memiliki tatto di tubuhnya. Mereka selamat dan sembuh, titik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tidak setuju dengan pandangan saya? Silahkan mendebatnya.