Selasa, 20 April 2010

Kritisisme + Skeptisisme = Tidak Sopan ?

Banyak orang menganggap bahwa kritisisme dan skepetisisme seseorang merupakan tanda jika orang tersebut tidak sopan dan tidak bisa menghargai suatu hal/orang. Ini adalah pandangan yang sangat keliru sekaligus menyesatkan. Hal inilah yang juga tidak jarang dialamatkan pada saya. Oleh karena kritisisme dan skeptisisme tersebut saya dicap tidak sopan bahkan tidak toleran terhadap orang lain.


Ada perbedaan yang sangat signifikan antara kritis dan skeptis terhadap sebuah pandangan dengan sikap tidak sopan, tidak toleran, dan tidak menghargai pandangan orang lain. Pandangan yang keliru beranggapan bahwa kritisisme dan skeptisisme diarahkan pada pribadi seseorang. Namun demikian, hal tersebut memang tidak sepenuhnya keliru. Artinya, tidak jarang orang melontarkan kritik terhadap pribadi seseorang. Itu merupakan hal yang sangat keliru, karena seharusnya kritik dilontarkan terhadap pandangan seseorang.


Dengan demikian, kritisisme dan skeptisisme yang dilakukan seseorang bukanlah pertanda bahwa orang tersebut tidak sopan, tidak toleran, dan tidak menghargai pandangan apalagi pribadi orang yang mengemukakan pandangan tertentu. Kritisisme dan skeptisisme bukanlah sesuatu yang tidak baik atau keji melainkan sesuatu yang positif jika diarahkan dengan tepat. Artinya, kritisisme dan skeptisisme seyogianyalah dilontarkan dengan berdasar pada bukti-bukti relevan dan didukung oleh akal sehat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tidak setuju dengan pandangan saya? Silahkan mendebatnya.