Kamis, 22 April 2010

Penjelasan Supernatural

Banyak orang setelah tidak mampu menjelaskan berbagai fenomena yang terjadi di sekitarnya langsung menyatakan bahwa fenomena tersebut terjadi akibat kekuatan supernatural tertentu. Artinya, mereka mempercayai bahwa fenomena alam ataupun sosial yang terjadi berasal atau disebabkan oleh sesuatu yang disebut supernatural. Banyak orang mempercayai bahwa supernatural berarti kekuatan yang tidak terlihat, namun mampu mempengaruhi bahkan menyebabkan terjadi suatu peristiwa.


Namun, sepanjang sejarah, berbagai penjelasan supernatural terhadap banyaknya fenomena yang terjadi di sekitar kita tidaklah memuaskan. Hal ini bisa dikatakan karena setelah sebuah penjelasan supernatural coba dianalisis dan dijelaskan menggunakan daya kritis seseorang yang didukung oleh akal sehatnya, maka sesuatu yang supernatural tersebut disingkirkan oleh sesuatu yang natural (alamiah). Jika berbagai analisis kritis yang didasarkan pada akal sehat mampu memahami dan menjelaskan berbagai hal yang disebut supranatural sebagai hal-hal yang natural, mengapa cukup banyak orang masih beranggapan bahwa berbagai fenomena yang terjadi di sekitarnya disebabkan oleh kekuatan supernatural?


Memang harus diakui bahwa tidak – lebih tepatnya belum – semua fenomena yang terjadi di sekitar kita mampu dijelaskan menggunakan nalar manusia. Namun, hal tersebut tidak bisa dijadikan dasar untuk mengatakan bahwa fenomena yang belum dapat dijelaskan oleh nalar manusia itu disebabkan oleh suatu kekuatan supernatural tertentu. Daya pikir manusia memang terbatas, tetapi hal ini tidak boleh dijadikan alasan untuk menyatakan bahwa keterbatasan manusia membuat manusia tidak mampu menjelaskan berbagai fenomena yang terjadi saat ini. Mungkin saja untuk saat ini memang otak manusia belum mampu menjelaskan suatu fenomena, namun sama sekali tidak tertutup kemungkinan jika suatu saat nanti otak manusia mampu menjelaskan fenomena yang sama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tidak setuju dengan pandangan saya? Silahkan mendebatnya.