Rabu, 18 Agustus 2010

Salah Nih Ye...

Awalnya jasa paranormal digunakan untuk mencari dan menemukan seorang anak perempuan yang hilang sejak 31 Juli 2010, namun secara tidak sengaja malah menemukan tubuh seorang perempuan dibungkus plastik di sebuah areal taman rekreasi di Sydney. Anehnya, penemuan tubuh seorang perempuan yang tidak sengaja itu malah diklaim oleh Kepala Inspektur Detektif Pamela Young sebagai sesuatu yang menarik karena dianggap terjadi karena bantuan paranormal tersebut yang dipercaya mampu menggunakan kekuatan inderanya. Padahal tujuan utama digunakannya paranormal adalah untuk menemukan seorang anak yang hilang setelah terakhir kali dilihat bersama ibunya pada 31 Juli 2010. Ditemukannya jasad seorang perempuan itu bukanlah karena jasa paranormal tersebut akibat terjadi secara tidak sengaja. Dengan demikian, tidak ada yang menarik apalagi istimewa dari peristiwa ditemukannya jasad perempuan di areal taman rekreasi itu karena bukan kali itu saja ditemukan jasad manusia. Artinya, di belahan bumi lainnya pada saat yang sama dan/atau saat yang berlainan sudah sangat sering ditemukan jasad secara tidak sengaja dan peristiwa seperti itu masih akan terus terjadi. Namun bedanya, kali ini penemuan tidak sengaja tersebut melibatkan paranormal.

Jangan sampai orang mudah tertipu oleh, entah yang dinamakan paranormal ataupun peramal, karena sekalipun hal yang diramalkan oleh mereka terjadi, itu tidak lebih dari sekadar suatu kebetulan yang sama sekali tidak disengaja. Artinya, bisa saja hal yang diramalkan terjadi, namun itu tidak berarti bahwa peramal tersebut bisa melihat apa yang akan terjadi di masa depan. Yang dilakukan oleh peramal sesungguhnya hanyalah melihat berbagai kemungkinan yang akan terjadi dengan mengacu pada peristiwa yang telah terjadi di masa lampau. Jika itu yang dilakukan itu artinya ia bukan meramal melainkan menghitung probabilitas yang akan terjadi. 

Oleh karena itu, orang harus jeli dengan segala perhitungan atau analisis yang biasa dilakukan paranormal atau peramal karena orang-orang seperti itu pasti mengumpulkan data melalui pertanyaan-pertanyaan sebelum melakukan perhitungan dan analisis. Ketika perhitungan dan analisis tersebut dihasilkan, maka sesungguhnya yang terjadi tidak lebih dari sekadar kemungkinan-kemungkinan masuk akal yang sebenarnya bisa dilakukan oleh orang lain. Dengan demikian, perhitungan dan analisis yang dilakukan mereka sama sekali tidak istimewa, walaupun bagi banyak orang ya, dan menarik.

Kembali pada kasus paranormal yang awalnya bertugas mencari dan menemukan seorang anak yang hilang, jangan lupa, ia sudah salah ramal karena bukan anak tersebut yang ditemukan melainkan perempuan yang sudah meninggal. Ini artinya paranormal itu sudah gagal dalam misinya menemukan Keisha, anak perempuan yang hilang tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tidak setuju dengan pandangan saya? Silahkan mendebatnya.