Rabu, 07 Juli 2010

Paul Masih Populer

Karena "ramalan" Paul - gurita cenayang - mengenai hasil pertandingan antara timnas Argentina vs. Jerman pada babak perempat final Piala Dunia 2010 tidak meleset alias tepat di mana Jerman menekuk Argentina, maka "ramalan" Paul berikutnya mengenai pertandingan Jerman vs. Spanyol masih ditunggu. Oleh karena "ramalannya" itu Paul masih populer bagi banyak orang. Namun kali ini Paul "meramal" bahwa Spanyol yang akan memenangi pertandingan semifinal dini hari besok (waktu Indonesia) melawan Jerman

Jika "ramalan" Paul tidak meleset dan ini berarti Spanyol yang akan memenangi pertandingan, apakah dengan demikian seekor gurita memang bisa meramal? Tidak ada ukuran jelas yang digunakan untuk menilai apa yang dimaksud dengan "ramalan" itu. Bagaimana seandainya ramalan tersebut meleset atau tidak tepat? Apakah ada penjelasan mengenai hal itu? Sejauh ini tidak ada penjelasan jika sebuah ramalan keliru selain pernyataan bahwa ada hal-hal tertentu telah mengakibatkan kekeliruan ramalan tersebut. Dan untuk hal ini kebanyakan orang cenderung tidak mau peduli dan tidak tertarik karena mereka hanya tertarik ketika ramalan tersebut tepat sehingga tidak ada pemberitaan yang "heboh" mengenai kekeliruan tersebut. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika kita nyaris atau bahkan tidak pernah mendengar/membaca berita mengenai ramalan yang meleset. Namun tidak demikian halnya dengan banyaknya berita mengenai ramalan yang tepat. 

Jika "ramalan" Paul tepat, maka bisa dipastikan dari sekarang - tidak perlu ramalan - ia akan terus populer, bahkan sangat mungkin popularitasnya akan terus meningkat. Namun, jika ramalannya meleset bisa dipastikan juga sejak saat ini - tidak juga memerlukan ramalan - jika berita mengenai gurita cenayang itu akan pudar tergerus atau setidaknya, orang-orang tertentu akan memberikan penjelasan yang sifatnya "membela" kekeliruan yang dilakukan Paul karena toh, ia hanyalah seekor gurita. Namun satu hal yang pasti - tetap tidak memerlukan ramalan - para pendukung Jerman akan bergembira jika Jerman memenangiduel melawan Spanyol, sedangkan para penggemar Spanyol akan gigit jari karena tim unggulannya tersingkir dari ajang Piala Dunia 2010.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tidak setuju dengan pandangan saya? Silahkan mendebatnya.