Jumat, 09 Juli 2010

Pantesan...

Tidak aneh apalagi mengejutkan jika masyarakat dalam suatu negara percaya terhadap berbagai hal yang bernuansa paranormal dan supernatural karena pemimpinnya pun percaya pada hal-hal tersebut. Hal ini terungkap melalui kata-kata Presiden SBY yang - mungkin bagi banyak orang sangat sepele - menunjukkan jika ia percaya bahwa ada, entah sosok ataupun kekuatan, yang hidup bahkan melindungi sebuah pohon. Mungkin kata-kata SBY tersebut diungkapkan sebagai candaan, namun karena hal tersebut keluar dari mulut seorang pemimpin tertinggi negara, maka dampaknya bisa cukup luas karena dibaca dan/atau didengar oleh banyak orang (rakyatnya). Sedikit-banyak kata yang sepertinya remeh tersebut bisa mempengaruhi masyarakat luas karena diucapkan oleh seorang presiden yang notabene kata-kata serta tingkah lakunya dipercaya sekaligus diteladani oleh warganya. 

Apakah ada penjelasan yang masuk akal mengenai mesin gergaji pemotong yang berkali-kali mati sehingga dianggap oleh SBY jika pohon yang hendak ditebang itu memiliki "penjaga"? Bisa jadi ketika itu mesin gergaji pemotong tersebut mengalami kemacetan yang mungkin diakibatkan oleh adanya salah satu bagian mesin yang bermasalah atau kurangnya minyak pelumas atau bensin yang digunakan untuk memberi daya pada mesin tersebut sehingga mesin itu pun tidak berfungsi sebagaimana seharusnya. Oleh karena itu, seharusnya selalu diupayakan untuk mencari penjelasan yang masuk akal terlebih dulu ketimbang orang sampai pada kesimpulan yang membawa-bawa hal paranormal atau supernatural. 

Orang yang selalu berupaya mencari penjelasan yang masuk akal sesungguhnya ia bukanlah orang yang malas yang ingin cepat-cepat sampai pada kesimpulan melainkan orang yang selalu mau menggunakan akal sehatnya demi penjelasan yang jernih dan cermat. Orang yang tidak terburu-buru mengambil kesimpulan terhadap banyak tanpa melibatkan hal-hal paranormal dan supernatural pada kesimpulannya itu adalah orang sabar dan tidak mau membuat kesimpulan yang asal-asalan. Orang yang sabar dan tidak mau membuat kesimpulan yang asal jadi tersebut termasuk orang yang skeptis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tidak setuju dengan pandangan saya? Silahkan mendebatnya.