Jumat, 09 Juli 2010

Kalah Akibat Seragam

Timnas sepak bola Jerman akhirnya dijungkalkan oleh Spanyol di babak semifinal Piala Dunia 2010. Di luar kemampuan dan kematangan yang dimiliki oleh timnas Spanyol sehingga mampu menaklukkan Jerman, diberitakan bahwa Jerman kalah akibat menggunakan seragam yang sama ketika mereka ditaklukkan oleh tim yang sama dua tahun lalu pada final Piala Eropa di Inggris. Sementara timnas Spanyol menggunakan seragam yang sama ketika mengalahkan Jerman di dua pertemuan mereka, baik Piala Eropa 2008 dan Piala Dunia 2010. 

Kekalahan Jerman atas Spanyol diyakini beberapa orang akibat seragam yang digunakan Jerman. Pernyataan ini sangatlah menggelitik karena segera muncul pertanyaan: Apa hubungan antara seragam yang digunakan dan kekalahan atau kemenangan sebuah tim sepak bola? Dikatakan bahwa saat Jerman dikalahkan oleh Spanyal di dua pertemuan kedua tim, baik di Piala Eropa 2008 dan Piala Dunia 2010 menggunakan seragam yang sama, sedangkan Spanyol juga menggunakan seragam yang sama ketika mengalahkan Jerman. Ini merupakan suatu hal yang murni kebetulan karena seragam utama timnas sepak bola Jerman adalah putih-hitam sementara Spanyol adalah merah-biru. Dengan demikian, tidak ada kaitan antara seragam yang dikenakan timnas Jerman dengan kekalahan yang dideritanya atas Spanyol. Begitu juga sebaliknya, di mana tidak ada hubungan antara kemenangan Spanyol dan seragama yang dikenakan para pemainnya ketika mengalahkan Jerman.

Diberitakan juga bahwa "nasib baik" dianggap berkaitan dengan kemenangan sebuah tim, dan sebaliknya, "nasib tidak baik" berhubungan dengan kekalahan yang diterima sebuah tim dalam pertandingan. Oleh karena Joachim Loew, pelatih timnas Jerman, menggunakan baju yang sama (warna biru) ketika Jerman mengalahkan lawan-lawannya (sebelum dikalahkan Spanyol), maka baju itu dianggap telah membawa "nasib baik" bagi timnas Jerman. Bahkan konon baju itu tidak diganti dan dicuci sehingga Loew menggunakan baju yang sama persis. Namun ternyata "kesaktian" baju biru yang digunakan Loew tidak mempan ketika Jerman menghadapi Spanyol sehingga Jerman pun tersingkir dari Piala Dunia 2010.

Jelas, tidak ada kaitan antara seragam yang digunakan timnas Jerman dan kekalahan yang dideritanya dari Spayol, demikian juga dengan baju biru yang digunakan Loew yang dianggap sebagai pembawa "nasib baik" bagi timnas Jerman. Kekalahan Jerman di semifinal Piala Dunia 2010 atas Spanyol tidak terlepas dari penguasaan bola dan strategi yang dimainkan oleh Spanyol dengan begitu efektif dan efisien sehingga Jerman mengalami tekanan di sepanjang laga. Di lain pihak, kemenangan Spanyol menunjukkan bahwa strategi menyerang yang kontinyu merupakan salah satu cara yang efektif dan efisien untuk memperoleh kemenangan di dalam sebuah pertandingan sepakbola.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tidak setuju dengan pandangan saya? Silahkan mendebatnya.