Kamis, 28 Januari 2010

Manfaat Berpikir Kritis

Beberapa hari lalu telah dibahas mengenai teknik-teknik dasar yang perlu dimiliki seseorang yang mengklaim diri sebagai orang yang kritis. Dalam tulisan kali ini akan dikemukakan beberapa manfaat berpikir kritis bagi orang yang selalu peduli terhadap kebenaran dalam hidupnya. Dengan berpikir kritis maka seseorang:

1. Terhindar dari berbagai upaya penipuan, manipulasi, pembodohan, dan penyesatan.

2. Selalu fokus pada suatu hal yang sebenarnya.

3. Hidup dalam dunia nyata daripada dunia fantasi.

4. Terhindar dari berbagai kesalahan, seperti membuang waktu, uang, dan melibatkan emosi dalam kepercayaan atau ajaran atau dogma atau ideologi yang salah dan menyesatkan.

5. Selalu terlibat dalam perziarahan kemanusiaan yang menarik dan menantang dalam upaya memahami diri sendiri dan dunia di mana kita berada.

6. Selalu mampu memberikan sumbangsih kemanusiaan yang nyata dan bermanfaat demi menemukan dan mengedepankan kebenaran yang didasarkan pada ilmu pengetahuan dan akal sehat.

7. Mampu menyaring semua informasi yang diperoleh dari semua sumber.

8. Mampu memperbaiki dan meningkatkan kemampuan dalam hal menjelaskan dan berargumentasi mengenai banyak topik/fenomena serta mampu meyakinkan orang lain yang didasarkan pada akal sehat, kejujuran, dan kebijaksanaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tidak setuju dengan pandangan saya? Silahkan mendebatnya.