Kamis, 18 Februari 2010

Unsur Kelima: Memperjelas Konsep

Setelah memperoleh semua informasi yang relevan dan menafsirkan informasi-informasi tersebut, maka unsur berikut yang harus dilakukan dalam berpikir kritis adalah memperjelas konsep yang ada dalam pikiran. Yang dimaksudkan dengan konsep adalah berbagai ide, teori, hukum, prinsip, dan hipotesa dalam proses berpikir dalam upaya memahami semua hal yang ada di sekitar. Dalam pengertian tersebut seseorang harus memiliki konsep yang jelas dan dapat dipertanggungjawabkan demi pemahaman yang tepat, jelas, dan tidak kabur.

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang dapat diajukan dalam kaitannya dengan konsep yang sedang dibicirakan:

* Ide apakah yang akan atau sedang digunakan dalam upaya memahami sesuatu? Apakah ide tersebut akan mempersulit saya atau orang lain?
* Menurut saya itu adalah ide yang baik, apakah anda bisa menjelaskannya lebih lanjut?
* Apakah hipotesis utama yang anda gunakan sebagai dasar argumen atau pemikiran anda?
* Apakah istilah yang digunakan relevan dengan topik diskusi atau inti masalah?
* Apakah ide utama yang berada di balik pemikiran tersebut? Apakah ide tersebut jelas dan relevan dengan topik diskusi dan/atau inti masalah?

Semua pernyataan, pandangan, atau argumen dinyatakan melalui dan dibentuk oleh berbagai konsep yang ada dalam proses berpikir manusia. Oleh karena itu, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan orang ketika berpikir secara kritis:

* Identifikasi yang menjadi konsep-konsep utama dan perjelas konsep-konsep yang digunakan tersebut.
* Pertimbangkan konsep-konsep alternatif atau berbagai definisi yang berkaitan dengan konsep-konsep alternatif tersebut.
* Pastikan bahwa yang digunakan adalah konsep-konsep yang tepat dengan topik pembahasan. Artinya, konsep-konsep tersebut relevan dengan inti masalah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tidak setuju dengan pandangan saya? Silahkan mendebatnya.