Rabu, 15 September 2010

Manusia Berbulu Panjang di Tiang Listrik

Setelah melihat tiang listrik berbentuk salib yang ditutupi dedaunan sehingga tampak seperti gambaran Yesus Kristus di kayu salib, seorang lelaki AS percaya itu merupakan sebuah tanda. Tanda yang dilihatnya itu ditafsirkannya seolah-olah Yesus hendak mengatakan sesuatu kepada manusia bahwa ia melihat manusia dan akan menjawab doa-doa manusia. Ini merupakan salah satu contoh pareidolia yang dialami manusia ketika seseorang melihat sebuah objek dan menyejajarkan objek tersebut dengan gambaran relijius tertentu kemudian menilai objek yang dilihatnya tadi memiliki makna tertentu berkaitan dengan gambaran relijius yang dikenalnya. Pareidolia hanya akan dialami oleh orang yang sebelumnya telah memiliki pengalaman atau gambaran mengenai objek tertentu. 

Unsur unik dari pareidolia adalah bahwa orang yang mengalaminya menafsirkan objek yang dilihatnya tadi dalam kaitannya dengan pengalaman atau gambaran relijius yang dikenalnya. Tidak berhenti sampai di situ, orang tersebut memberikan penilaian alias memaknai objek tersebut, entah sebagai tanda, isyarat, ataupun peringatan mengenai hal tertentu yang sejajar dengan pengalaman hidupnya ataupun keadaan yang terjadi di sekitarnya. Dengan demikian, pareidolia merupakan sesuatu yang sangat subjektif karena objek yang dilihat disejajarkan  dengan gambaran atau pengalaman tertentu yang sudah dimiliki sebelumnya kemudian objek yang sama dimaknai menurut pengalaman orang seseorang. 

Kembali pada objek tiang listrik yang dipenuhi dedaunan sehingga dilihat seperti sosok Yesus Kristus di kayu salib di atas, maka yang terlihat lebih seperti sesosok manusia berbulu panjang yang tergantung di tiang listrik. Karena terlihat adanya kabel dengan sangat jelas, maka manusia berbulu panjang tersebut bukan seperti berada dalam posisi disalibkan melainkan seperti telah tersengat aliran listrik yang tinggi sehingga tewas tergantung di tiang listrik. Jadi, bukannya seperti melihat sosok Yesus Kristus di kayu salib melainkan manusia berbulu panjang yang tewas mengenaskan akibat tersengat aliran listrik dan tetap tergantung di tiang listrik tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tidak setuju dengan pandangan saya? Silahkan mendebatnya.